Laman

Kamis, 18 Juni 2015

BAB 5 LINGKUNGAN



Bab 5
Lingkungan

Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini kamu diharapkan mampu:
1) memberikan pendapat dari cerita yang didengar;
2) menjelaskan petunjuk penggunaan obat nyamuk semprot;
3) membaca dongeng dan menceritakan kembali;
4) menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia.

Mendengarkan
Kamu diajak untuk mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang
disampaikan secara lisan.
1 Memberikan Pendapat dari Cerita yang Didengar
Mendengarkan adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Apalagi
yang didengarkan adalah cerita anak yang mengasyikkan. Agar tidak
lupa terhadap cerita yang telah kamu dengarkan, kamu perlu mencatatnya
di buku tulis. Hal-hal yang biasa ditulis adalah tokoh dan watak-wataknya.
Selain itu, kamu perlu juga mencatat jalan ceritanya.
Contoh :
Dina sedih, ia belum melunasi uang sekolahnya.
Pendapat : Dina tidak perlu bersedih hati. Nanti kalau orang tua
sudah mempunyai uang pasti dilunasi.
2 Menggunakan Kalimat Perintah
Kalimat perintah biasa digunakan untukmemerintah seseorang untuk
melakukan sesuatu. Kalimat perintah biasanya diakhiri dengan tanda seru
(!).
Contoh: Lari!
Ayo berangkat!
Jangan banyak tanya!
Ambil cangkul, sekop, dan linggis!

Berbicara
Kamu diajak untuk menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu
dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
1 Memperhatikan Petunjuk
Jika kamu akan membersihkan sesuatu, meminum obat, atau
menggunakan alat atau bahan kimia, tentu harus melihat petunjuknya.
Jika akan berkeramas saja, kamu harus membaca petunjuk pemakaian
shampo. Hal ini dilakukan agar kamu memakai sesuai aturan. Jika
pemakaian melebihi aturan akan berbahaya.
2 Menjelaskan Petunjuk
Coba kamu perhatikan petunjuk di bawah ini.
Obat Nyamuk Semprot
Petunjuk Pengunaan:
Semprotkan obat nyamuk ke dalam ruangan atau permukaan di
mana nyamuk, lalat, dan kecoa hinggap atau lewat. Untuk mendapatkan
daya kerja yang tahan lama, tutuplah ruangan. Jangan lupa bersihkan
bekas semprotannya agar dapat bekerja dengan sempurna.
Bersihkan tempat-tempat persembunyian nyamuk, lalat, dan kecoa.
Untuk memutus siklus perkembangan kecoa, semprotlah langsung pada
sarang kecoa . Sarang kecoa biasanya berada pada tempat-tempat gelap
dan lembab. Tempatnya seperti di belakang lemari, dekat pembuangan
sampah, dan saluran pembuangan air.
Petunjuk keamanan:
Jangan sampai kena mata atau selaput lendir lainnya dan jangan
dihirup.


Membaca
Kamu diajak untuk menceritakan isi dongeng yang dibaca.
1 Dongeng
Dongeng adalah cerita yang tidak benar-benar terjadi. Cerita
dongeng biasanya tentang kejadian zaman dahulu. Dongeng ada
bermacam-macam, salah satunya adalah legenda. Dongeng yang
dipercaya terjadi di suatu masyarakat dinamakan legenda. Contoh
dongeng legenda adalah Si Malin Kundang, Si Pitung dan Candi
Borobudur.
2 Membaca Dongeng
Coba kamu baca dongeng berikut ini dengan seksama.
Air Mata Emas
Konon, ada sebuah sumur ajaib. Letaknya di tengah hutan. Bila
kita menginginkan sesuatu, kita tinggal melempar sekeping uang emas
ke dalamnya sambil mengucapkan keinginan kita, niscaya permintaan
kita akan terkabul. Namun, tidak semua orang percaya hal tersebut. Sudah
ada yang membuktikan. Hasilnya nihil.
Namun, bagi Rina hal tersebut mungkin saja. Sebab keajaiban bisa
terjadi. Maka dia berangan-angan, ”Kalau aku punya uang emas, aku
akan minta rumah yang bagus,” gumam Rina.
Untuk mendapatkan uang emas, Rina bekerja sebagai pelayan di rumah
seorang bangsawan. Akhirnya, majikannya memberi sekeping uang emas
padanya. Dengan gembira, ia menerimanya dan segera pergi ke sumur ajaib.
Di tengah perjalanan, Rina bertemu dengan pedagang keliling, ”Mau
pergi ke mana, anak manis?” tanya orang itu.
”Saya mau melempar uang emas ini ke sumur ajaib,” jawabnya.
”Mengapa kau menyia-nyiakan uangmu? Di sana uangmu takkan
jadi apa-apa, lebih baik kau belikan sisir.” Bujuk penjual sisir itu.
Rina lalu membeli sisir itu. Ia melanjutkan perjalanannya dan bertemu
lagi dengan orang laki-laki yang sedang menjual pipa.
”Kau akan pergi ke mana,
anak manis?” tanya orang itu.
”Saya akan melempar
uang emas ke sumur ajaib,
Pak.”Jawab Rina.
Orang itu menawarkan
pipanya yang terukir indah
kepada Rina. Rina langsung
membelinya. Orang yang ketiga
yang dijumpainya adalah
seorang wanita miskin dengan
tiga anaknya yang kurus-kurus.
Kali ini tanpa berpikir panjang
lagi, Rina memberikan uangnya
pada wanita itu.
”Ya, sudahlah, uangku
habis. Tak apalah, tapi aku sudah
terlanjur ke sini. Setidak-tidaknya
aku dapat melihat sumur itu,"
pikir Rina.
Setibanya di sumur ajaib, ia menatap ke dalam sumur. Tidak terlihat
apa-apa. Hanya gelap. Saat itu Rina teringat akan semua keinginannya.
Tanpa disadarinya ia meneteskan air mata. Tanpa dia tahu, air matanya
berubah berkilau sebening emas. Tanpa sadar Rina membisikkan
keinginannya untuk mendapatkan rumah indah dan uang untuk bekal
hidupnya. Setelah itu ia bergegas pulang.
Sesampai di rumah, alangkah terkejutnya Rina. Di rumahnya yang
sangat sederhana itu, kini telah berdiri sebuah rumah yang besar dan
sangat indah. Di depan rumah, keluarganya telah menantikan
kedatangannya. Mereka pun berpelukan. Tapi Rina tak pernah tahu,
mengapa permintaannya terkabul. Itu semua karena Rina berhati emas,
ya, kan?

Menulis
Kamu diajak untuk menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia
dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
Kamu telah mempelajari cara mengurutkan paragraf pada bab
sebelumnya. Nah, sekarang coba kamu susun kalimat-kalimat yang
tersedia menjadi sebuah paragraf.

Rangkuman
􀂄 Kalimat perintah biasanya diakhiri dengan tanda seru (!).
􀂄 Dongeng adalah cerita yang tidak benar-benar terjadi.
􀂄 Sebelum meminum obat, atau menggunakan alat-alat, kamu
perlu membaca petunjuknya lebih dahulu.
􀂄 Dongeng yang dipercaya terjadi di suatu masyarakat dinamakan
legenda.

Dari penjelasan materi yang ingin tersampaikan pada peserta didik, dibawah ini beberapa media yang dapat digunakan guru untuk mengajar siswa sesuai dengan kreatifitas dan inovasi guru dalam penggunaan media pembelajaran, antara lain:

·      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar