Bab 5
Lingkungan
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini kamu diharapkan mampu:
1) memberikan pendapat dari cerita yang didengar;
2) menjelaskan petunjuk penggunaan obat nyamuk semprot;
3) membaca dongeng dan menceritakan kembali;
4) menyusun
paragraf berdasarkan bahan yang tersedia.
Mendengarkan
Kamu diajak untuk mengomentari tokoh-tokoh
cerita anak yang
disampaikan secara lisan.
1 Memberikan Pendapat dari Cerita yang Didengar
Mendengarkan adalah kegiatan yang
sangat menyenangkan. Apalagi
yang didengarkan adalah cerita anak
yang mengasyikkan. Agar tidak
lupa terhadap cerita yang telah kamu
dengarkan, kamu perlu mencatatnya
di buku tulis. Hal-hal yang biasa
ditulis adalah tokoh dan watak-wataknya.
Selain itu, kamu perlu juga mencatat jalan ceritanya.
Contoh :
Dina sedih, ia belum
melunasi uang sekolahnya.
Pendapat : Dina tidak perlu
bersedih hati. Nanti kalau orang tua
sudah mempunyai uang pasti dilunasi.
2 Menggunakan Kalimat Perintah
Kalimat perintah biasa digunakan
untukmemerintah seseorang untuk
melakukan sesuatu. Kalimat perintah
biasanya diakhiri dengan tanda seru
(!).
Contoh: Lari!
Ayo berangkat!
Jangan banyak tanya!
Ambil cangkul, sekop, dan linggis!
Berbicara
Kamu diajak untuk menjelaskan urutan
membuat atau melakukan sesuatu
dengan kalimat yang runtut dan mudah
dipahami.
1 Memperhatikan Petunjuk
Jika kamu akan membersihkan sesuatu,
meminum obat, atau
menggunakan alat atau bahan kimia,
tentu harus melihat petunjuknya.
Jika akan berkeramas saja, kamu harus
membaca petunjuk pemakaian
shampo. Hal ini dilakukan agar kamu
memakai sesuai aturan. Jika
pemakaian melebihi aturan akan berbahaya.
2 Menjelaskan Petunjuk
Coba kamu perhatikan petunjuk di bawah
ini.
Obat Nyamuk Semprot
Petunjuk Pengunaan:
Semprotkan obat nyamuk ke dalam
ruangan atau permukaan di
mana nyamuk, lalat, dan kecoa hinggap
atau lewat. Untuk mendapatkan
daya kerja yang tahan lama, tutuplah
ruangan. Jangan lupa bersihkan
bekas semprotannya agar dapat bekerja
dengan sempurna.
Bersihkan tempat-tempat persembunyian
nyamuk, lalat, dan kecoa.
Untuk memutus siklus perkembangan
kecoa, semprotlah langsung pada
sarang kecoa . Sarang kecoa biasanya
berada pada tempat-tempat gelap
dan lembab. Tempatnya seperti di
belakang lemari, dekat pembuangan
sampah, dan saluran pembuangan air.
Petunjuk keamanan:
Jangan sampai kena mata atau selaput
lendir lainnya dan jangan
dihirup.
Membaca
Kamu diajak untuk menceritakan isi dongeng yang dibaca.
1 Dongeng
Dongeng adalah cerita yang tidak
benar-benar terjadi. Cerita
dongeng biasanya tentang kejadian
zaman dahulu. Dongeng ada
bermacam-macam, salah satunya adalah
legenda. Dongeng yang
dipercaya terjadi di suatu masyarakat
dinamakan legenda. Contoh
dongeng legenda adalah Si Malin
Kundang, Si Pitung dan Candi
Borobudur.
2 Membaca Dongeng
Coba kamu baca dongeng berikut ini
dengan seksama.
Air
Mata Emas
Konon, ada sebuah sumur ajaib.
Letaknya di tengah hutan. Bila
kita menginginkan sesuatu, kita
tinggal melempar sekeping uang emas
ke dalamnya sambil mengucapkan
keinginan kita, niscaya permintaan
kita akan terkabul. Namun, tidak semua
orang percaya hal tersebut. Sudah
ada yang membuktikan. Hasilnya nihil.
Namun, bagi Rina hal tersebut mungkin
saja. Sebab keajaiban bisa
terjadi. Maka dia berangan-angan,
”Kalau aku punya uang emas, aku
akan minta rumah yang bagus,” gumam
Rina.
Untuk mendapatkan uang emas, Rina
bekerja sebagai pelayan di rumah
seorang bangsawan. Akhirnya,
majikannya memberi sekeping uang emas
padanya. Dengan gembira, ia
menerimanya dan segera pergi ke sumur ajaib.
Di tengah perjalanan, Rina bertemu
dengan pedagang keliling, ”Mau
pergi ke mana, anak manis?” tanya
orang itu.
”Saya mau melempar uang emas ini ke
sumur ajaib,” jawabnya.
”Mengapa kau menyia-nyiakan uangmu? Di
sana uangmu takkan
jadi apa-apa, lebih baik kau belikan sisir.” Bujuk
penjual sisir itu.
Rina lalu membeli sisir itu. Ia
melanjutkan perjalanannya dan bertemu
lagi dengan orang
laki-laki yang sedang menjual pipa.
”Kau akan pergi ke mana,
anak manis?” tanya orang itu.
”Saya akan melempar
uang emas ke sumur ajaib,
Pak.”Jawab Rina.
Orang itu menawarkan
pipanya yang terukir indah
kepada Rina. Rina langsung
membelinya. Orang yang ketiga
yang dijumpainya adalah
seorang wanita miskin dengan
tiga anaknya yang kurus-kurus.
Kali ini tanpa berpikir panjang
lagi, Rina memberikan uangnya
pada wanita itu.
”Ya, sudahlah, uangku
habis. Tak apalah, tapi aku sudah
terlanjur ke sini. Setidak-tidaknya
aku dapat melihat sumur itu,"
pikir Rina.
Setibanya di sumur ajaib, ia menatap
ke dalam sumur. Tidak terlihat
apa-apa. Hanya gelap. Saat itu Rina
teringat akan semua keinginannya.
Tanpa disadarinya ia meneteskan air
mata. Tanpa dia tahu, air matanya
berubah berkilau sebening emas. Tanpa
sadar Rina membisikkan
keinginannya untuk mendapatkan rumah
indah dan uang untuk bekal
hidupnya. Setelah itu ia bergegas
pulang.
Sesampai di rumah, alangkah
terkejutnya Rina. Di rumahnya yang
sangat sederhana itu, kini telah
berdiri sebuah rumah yang besar dan
sangat indah. Di depan rumah,
keluarganya telah menantikan
kedatangannya. Mereka pun berpelukan.
Tapi Rina tak pernah tahu,
mengapa permintaannya terkabul. Itu
semua karena Rina berhati emas,
ya, kan?
Menulis
Kamu diajak untuk menyusun paragraf
berdasarkan bahan yang tersedia
dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
Kamu telah mempelajari cara
mengurutkan paragraf pada bab
sebelumnya. Nah, sekarang coba kamu
susun kalimat-kalimat yang
tersedia menjadi sebuah paragraf.
Rangkuman
Kalimat perintah biasanya
diakhiri dengan tanda seru (!).
Dongeng adalah cerita yang tidak
benar-benar terjadi.
Sebelum meminum obat, atau
menggunakan alat-alat, kamu
perlu membaca petunjuknya
lebih dahulu.
Dongeng yang dipercaya terjadi di
suatu masyarakat dinamakan
legenda.
Dari penjelasan
materi yang ingin tersampaikan pada peserta didik, dibawah ini beberapa media
yang dapat digunakan guru untuk mengajar siswa sesuai dengan kreatifitas dan
inovasi guru dalam penggunaan media pembelajaran, antara lain:
·
Tidak ada komentar:
Posting Komentar