Laman

Kamis, 18 Juni 2015

BAB 2 KEGEMARAN



Bab 2
Kegemaran
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini kamu diharapkan mampu:
1) membuat kipas dari kain sisa berdasarkan penjelasan guru;
2) menanggapi cerita pengalaman dengan kalimat yang runtut;
3) membaca percakapan dengan nyaring;
4) melengkapi puisi anak.


Mendengarkan
Kamu diajak untuk melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang
disampaikan secara lisan.

Jika kamu menjahitkan baju,
kadang ada kain yang tersisa. Agar
kain sisa tidak terbuang sia-sia,
kamu dapat memanfaatkannya.
Kamu dapat menggunakan kain
tersebut untuk membuat sesuatu.

Berbicara
Kamu diajak untuk memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap
suatu masalah.
1 Menanggapi Masalah
Menanggapi adalah memberikan kritik, komentar atau pendapat.
Untuk bisa menanggapi suatu masalah dalam suatu bacaan, kamu harus
membaca keseluruhan isi bacaan. Selain itu, kamu juga harus menemukan
berbagai masalah yang terdapat dalam bacaan tersebut.
Coba kamu perhatikan cerita berikut ini.
Lomba Menyanyi
Namaku Suci Lestari. Aku sangat gemar bernyanyi. Kata orang,
aku mempunyai suara yang bagus. Aku sering mengikuti lomba menyanyi.
Di rumah aku mempunyai 5 piala. Semua piala tersebut hadiah dari lomba
menyanyi yang pernah aku ikuti.
Suatu ketika, aku pernah mengikuti lomba menyanyi tingkat nasional.
Lomba menyanyi tersebut diadakan di Jakarta. Aku sangat gembira.
Sungguh, aku tak pernah menyangka, yang menjadi juri lomba menyanyi
itu adalah artis-artis ibu kota. Di sana ada Audi, Ahmad Dhani dan Titik
Puspa.
Pada saat aku menyanyi, ada kejadian lucu yang tidak bisa aku
lupakan. Ketika aku dipanggil oleh pembawa acara, aku segera naik
panggung. Aku menyanyi dengan percaya diri, tapi penonton dan juri
tersenyum aneh padaku. Aku bingung, padahal aku merasa tidak ada
yang salah dengan penampilanku. Selesai menyanyi aku mendapat
komentar dari juri. Mereka menilai penampilanku sangat bagus dan penuh
percaya diri. Salah satu juri menyuruh melihat ke arah kakiku. Ha, aku
sangat kaget dan malu. Ternyata kaos kaki yang kukenakan berbeda
warna. Satu putih dan satunya hitam.
Itu adalah lomba menyanyi yang menurutku paling berkesan.
Meskipun aku pernah salah pakai kaos kaki, aku berhasil mendapat juara
ke-2. Aku tidak akan pernah melupakan kejadian ini.
2 Memberikan Pendapat dan Saran
Coba kamu perhatikan contoh berikut.
Masalah utama dalam bacaan : Salah memakai kaos kaki.
Pendapat : Tidak sepantasnya Suci memakai
kaos kaki yang berbeda warna.
Saran : Seharusnya, sebelum naik ke atas
panggung, Suci mempersiapkan
dahulu penampilannya.

Membaca
Kamu diajak untuk membaca nyaring teks dengan lafal dan intonasi yang
tepat.
1 Lafal
Lafal adalah cara seseorang atau sekelompok orang untuk
mengucapkan bunyi bahasa. Saat membaca dan berbicara, kamu harus
mengucapkan lafal dengan tepat. Selain itu, ucapan kamu harus jelas
dan mudah dipahami orang lain.
2 Intonasi
Intonasi adalah lagu dalam kalimat atau ketepatan penyajian tinggi
rendahnya nada. Intonasi dalam kalimat harus diucapkan dengan benar.
Jika intonasi diucapkan tidak tepat akan menimbulkan arti yang berbeda.
Contoh: Pergi!
Pergi.
Pergi?

Coba kamu baca dengan nyaring dialog berikut ini. Kamu dapat
membacanya bersama teman sebangkumu.

Ikan Mas
Rio : Mau ke mana, Desi?
Desi : Aku mau ke pasar membantu ibuku berjualan, kalau kamu?
Rio : Sama. Aku juga mau ke pasar.
Desi : Untuk apa kamu ke pasar, bukannya kamu biasa ke supermarket?
Rio : Iya, tapi aku ke pasar mau membeli ikan mas.
Desi : O, kamu suka memelihara ikan, ya? Kalau begitu hobi ayahku
dengan hobimu sama dong!
Rio : Memang ayahmu memelihara ikan?
Desi : Iya. Di rumahku banyak sekali ikan mas, bahkan ada beberapa
jenis ikan di rumahku.
Rio : Daripada beli, aku minta ikan mas ayahmu saja, boleh tidak?
Desi : Tentu boleh. Kamu pergi saja ke rumahku.
Rio : Kan tidak enak, bila aku tiba-tiba datang meminta ikan ayahmu.
Bagaimana kalau aku ke rumah bersamamu?
Desi : Tapi, aku mau membantu ibuku di pasar?
Rio : Ya sudah. Aku juga ikut bantu ibumu dulu, kemudian kita pulang ke
rumahmu.
Desi : Baiklah. Tapi, apa kamu sudah punya toples ikannya?
Rio : O, iya, aku lupa kalau tidak punya toples.
Desi : Nanti kita beli toples saja di pasar! Aku punya teman yang jual toples,
kok.
Rio : Beres deh, kalau begitu.
Desi : Iya. Di rumahku banyak sekali ikan mas, bahkan ada beberapa
jenis ikan di rumahku.
Rio : Daripada beli, aku minta ikan mas ayahmu saja, boleh tidak?
Desi : Tentu boleh. Kamu pergi saja ke rumahku.
Rio : Kan tidak enak, bila aku tiba-tiba datang meminta ikan ayahmu.
Bagaimana kalau aku ke rumah bersamamu?
Desi : Tapi, aku mau membantu ibuku di pasar?
Rio : Ya sudah. Aku juga ikut bantu ibumu dulu, kemudian kita pulang ke
rumahmu.
Desi : Baiklah. Tapi, apa kamu sudah punya toples ikannya?
Rio : O, iya, aku lupa kalau tidak punya toples.
Desi : Nanti kita beli toples saja di pasar! Aku punya teman yang jual toples,
kok.
Rio : Beres deh, kalau begitu.

Menulis
Kamu diajak untuk melengkapi puisi anak berdasarkan gambar.
1 Puisi
Puisi adalah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, rima,
serta penyusunan larik dan bait. Membuat puisi itu dapat dilakukan oleh
siapa saja, seperti anak SD, pegawai, bahkan orang yang tidak sekolah
pun dapat membuat puisi. Semua hal yang ada di bumi ini juga dapat
dibuat puisi, contohnya: buku, matahari, bulan, orang tua dan sahabat.
2 Melengkapi puisi
Coba kamu baca puisi berikut ini. 

Layang-layang
Layang-layang
Bila tertiup angin kencang
Kau terbang (tinggi di awan)
Nampak apik dan (menawan)
(Layang-layang)
Kau memang menawan
Laksana (burung) yang terbang
Membuat orang jadi senang

Rangkuman
􀂄 Kamu dapat menggunakan kain sisa untuk membuat sesuatu.
􀂄 Menanggapi adalah memberikan kritik, komentar atau pendapat.
􀂄 Lafal adalah cara seseorang atau sekelompok orang untuk
mengucapkan bunyi bahasa.
􀂄 Intonasi adalah lagu dalam kalimat atau ketepatan penyajian
tinggi rendahnya nada.
􀂄 Puisi adalah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama,
rima, serta penyusunan larik dan bait.


Dari penjelasan materi yang ingin tersampaikan pada peserta didik, dibawah ini beberapa media yang dapat digunakan guru untuk mengajar siswa sesuai dengan kreatifitas dan inovasi guru dalam penggunaan media pembelajaran, antara lain:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar