Bab 2
Kegemaran
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini kamu
diharapkan mampu:
1) membuat kipas dari kain sisa
berdasarkan penjelasan guru;
2) menanggapi cerita pengalaman dengan
kalimat yang runtut;
3) membaca percakapan dengan nyaring;
4) melengkapi puisi anak.
Mendengarkan
Kamu diajak untuk
melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang
disampaikan secara
lisan.
Jika kamu menjahitkan
baju,
kadang ada kain yang
tersisa. Agar
kain sisa tidak
terbuang sia-sia,
kamu dapat
memanfaatkannya.
Kamu dapat
menggunakan kain
tersebut untuk
membuat sesuatu.
Berbicara
Kamu diajak untuk
memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap
suatu masalah.
1 Menanggapi Masalah
Menanggapi adalah
memberikan kritik, komentar atau pendapat.
Untuk bisa menanggapi
suatu masalah dalam suatu bacaan, kamu harus
membaca keseluruhan
isi bacaan. Selain itu, kamu juga harus menemukan
berbagai masalah yang
terdapat dalam bacaan tersebut.
Coba kamu perhatikan
cerita berikut ini.
Lomba Menyanyi
Namaku Suci Lestari.
Aku sangat gemar bernyanyi. Kata orang,
aku mempunyai suara
yang bagus. Aku sering mengikuti lomba menyanyi.
Di rumah aku
mempunyai 5 piala. Semua piala tersebut hadiah dari lomba
menyanyi yang pernah
aku ikuti.
Suatu ketika, aku
pernah mengikuti lomba menyanyi tingkat nasional.
Lomba menyanyi
tersebut diadakan di Jakarta. Aku sangat gembira.
Sungguh, aku tak
pernah menyangka, yang menjadi juri lomba menyanyi
itu adalah
artis-artis ibu kota. Di sana ada Audi, Ahmad Dhani dan Titik
Puspa.
Pada saat aku
menyanyi, ada kejadian lucu yang tidak bisa aku
lupakan. Ketika aku
dipanggil oleh pembawa acara, aku segera naik
panggung. Aku
menyanyi dengan percaya diri, tapi penonton dan juri
tersenyum aneh
padaku. Aku bingung, padahal aku merasa tidak ada
yang salah dengan
penampilanku. Selesai menyanyi aku mendapat
komentar dari juri.
Mereka menilai penampilanku sangat bagus dan penuh
percaya diri. Salah
satu juri menyuruh melihat ke arah kakiku. Ha, aku
sangat kaget dan
malu. Ternyata kaos kaki yang kukenakan berbeda
warna. Satu putih dan
satunya hitam.
Itu adalah lomba
menyanyi yang menurutku paling berkesan.
Meskipun aku pernah
salah pakai kaos kaki, aku berhasil mendapat juara
ke-2. Aku tidak akan
pernah melupakan kejadian ini.
2 Memberikan Pendapat dan Saran
Coba kamu perhatikan
contoh berikut.
Masalah utama dalam
bacaan : Salah memakai kaos kaki.
Pendapat : Tidak
sepantasnya Suci memakai
kaos kaki yang
berbeda warna.
Saran : Seharusnya,
sebelum naik ke atas
panggung, Suci
mempersiapkan
dahulu penampilannya.
Membaca
Kamu diajak untuk
membaca nyaring teks dengan lafal dan intonasi yang
tepat.
1 Lafal
Lafal adalah cara
seseorang atau sekelompok orang untuk
mengucapkan bunyi
bahasa. Saat membaca dan berbicara, kamu harus
mengucapkan lafal
dengan tepat. Selain itu, ucapan kamu harus jelas
dan mudah dipahami
orang lain.
2 Intonasi
Intonasi adalah lagu
dalam kalimat atau ketepatan penyajian tinggi
rendahnya nada.
Intonasi dalam kalimat harus diucapkan dengan benar.
Jika intonasi
diucapkan tidak tepat akan menimbulkan arti yang berbeda.
Contoh: Pergi!
Pergi.
Pergi?
Coba kamu baca dengan
nyaring dialog berikut ini. Kamu dapat
membacanya bersama
teman sebangkumu.
Ikan Mas
Rio : Mau ke mana,
Desi?
Desi : Aku mau ke
pasar membantu ibuku berjualan, kalau kamu?
Rio : Sama. Aku juga
mau ke pasar.
Desi : Untuk apa kamu
ke pasar, bukannya kamu biasa ke supermarket?
Rio : Iya, tapi aku
ke pasar mau membeli ikan mas.
Desi : O, kamu suka
memelihara ikan, ya? Kalau begitu hobi ayahku
dengan hobimu sama
dong!
Rio : Memang ayahmu
memelihara ikan?
Desi : Iya. Di
rumahku banyak sekali ikan mas, bahkan ada beberapa
jenis ikan di
rumahku.
Rio : Daripada beli,
aku minta ikan mas ayahmu saja, boleh tidak?
Desi : Tentu boleh.
Kamu pergi saja ke rumahku.
Rio : Kan tidak enak,
bila aku tiba-tiba datang meminta ikan ayahmu.
Bagaimana kalau aku
ke rumah bersamamu?
Desi : Tapi, aku mau
membantu ibuku di pasar?
Rio : Ya sudah. Aku
juga ikut bantu ibumu dulu, kemudian kita pulang ke
rumahmu.
Desi : Baiklah. Tapi,
apa kamu sudah punya toples ikannya?
Rio : O, iya, aku
lupa kalau tidak punya toples.
Desi : Nanti kita
beli toples saja di pasar! Aku punya teman yang jual toples,
kok.
Rio : Beres deh,
kalau begitu.
Desi : Iya. Di
rumahku banyak sekali ikan mas, bahkan ada beberapa
jenis ikan di
rumahku.
Rio : Daripada beli,
aku minta ikan mas ayahmu saja, boleh tidak?
Desi : Tentu boleh.
Kamu pergi saja ke rumahku.
Rio : Kan tidak enak,
bila aku tiba-tiba datang meminta ikan ayahmu.
Bagaimana kalau aku
ke rumah bersamamu?
Desi : Tapi, aku mau
membantu ibuku di pasar?
Rio : Ya sudah. Aku
juga ikut bantu ibumu dulu, kemudian kita pulang ke
rumahmu.
Desi : Baiklah. Tapi,
apa kamu sudah punya toples ikannya?
Rio : O, iya, aku
lupa kalau tidak punya toples.
Desi : Nanti kita
beli toples saja di pasar! Aku punya teman yang jual toples,
kok.
Rio : Beres deh,
kalau begitu.
Menulis
Kamu diajak untuk
melengkapi puisi anak berdasarkan gambar.
1 Puisi
Puisi adalah ragam
sastra yang bahasanya terikat oleh irama, rima,
serta penyusunan
larik dan bait. Membuat puisi itu dapat dilakukan oleh
siapa saja, seperti
anak SD, pegawai, bahkan orang yang tidak sekolah
pun dapat membuat
puisi. Semua hal yang ada di bumi ini juga dapat
dibuat puisi,
contohnya: buku, matahari, bulan, orang tua dan sahabat.
2 Melengkapi puisi
Coba kamu baca puisi
berikut ini.
Layang-layang
Layang-layang
Bila tertiup angin
kencang
Kau terbang (tinggi
di awan)
Nampak apik dan
(menawan)
(Layang-layang)
Kau memang menawan
Laksana (burung) yang
terbang
Membuat orang jadi
senang
Rangkuman
Kamu
dapat menggunakan kain sisa untuk membuat sesuatu.
Menanggapi
adalah memberikan kritik, komentar atau pendapat.
Lafal
adalah cara seseorang atau sekelompok orang untuk
mengucapkan bunyi
bahasa.
Intonasi
adalah lagu dalam kalimat atau ketepatan penyajian
tinggi rendahnya
nada.
Puisi
adalah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama,
rima, serta
penyusunan larik dan bait.
Dari penjelasan
materi yang ingin tersampaikan pada peserta didik, dibawah ini beberapa media
yang dapat digunakan guru untuk mengajar siswa sesuai dengan kreatifitas dan
inovasi guru dalam penggunaan media pembelajaran, antara lain:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar