Laman

Kamis, 18 Juni 2015

BAB 3 KETERAMPILAN



Bab 3
Keterampilan
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini kamu diharapkan mampu:
1) membuat origami berdasarkan petunjuk guru;
2) menjelaskan urutan membuat gantungan tas dengan kalimat yang mudah
dipahami;
3) membaca cerpen dengan intensif;
4) menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia.

Mendengarkan
Kamu diajak untuk melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang
disampaikan secara lisan.
Apakah kamu tahu kertas warna? Kertas jenis ini bisa dibuat mainan
lho! Kamu bisa membuat pesawat, perahu, burung, bahkan dinosaurus.
Mainan seperti ini dinamakan origami. Origami berasal dari negara Jepang.
Origami berarti seni melipat kertas.


Berbicara
Kamu diajak untuk menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu
dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
Sekarang, coba kamu tutup bukumu. Salah seorang temanmu akan
membacakan cara membuat gantungan tas. Kamu bisa mengingat
bagaimana urutan cara membuatnya.
Gantungan Tas
Bahan-bahan:                          Alat-alat:
1. kain flanel warna-warni          1. jarum jahit
2. karton                                   2. gunting
3. benang wol                           3. spidol
4. kaitan kunci                          4. lem
5. kapas

Cara membuat:
1. Gambarlah huruf-huruf nama kamu di
karton, lalu gunting.
2. Jiplaklah huruf itu di kain flanel, lalu
digunting. Tiap huruf boleh berbeda
warna dan dibuat dua kali.
3. Tempel huruf-huruf itu sesuai nama
kamu. Kamu akan membuatnya dua kali.
Satu menjadi bagian depan, satu lagi
bagian belakang.
4. Jahit dengan menggunakan tusuk jelujur.
5. Masukkan kapas untuk mengisi bagian tengah. Bila huruf nama kita
banyak lekukan, kapas disisipkan setiap sudah ada lekukan yang
dijahit.
6. Jangan lupa jahit kaitan kunci pada tempat yang kita inginkan.

Membaca
Kamu diajak untuk menjelaskan isi teks melalui membaca intensif.
1 Membaca Intensif
Membaca intensif adalah membaca dengan sungguh-sungguh.
Dengan membaca intensif, kamu bisa mendapatkan informasi yang
lengkap. Kamu juga akan mengerti apa sebenarnya hal yang sedang
dibahas. Untuk itu, kamu juga bisa mencatat hal-hal yang kamu anggap
penting.
2 Membaca Intensif Sebuah Teks
Coba kamu baca teks berikut secara intensif.
Nonton Film di dalam Air
Pak Loyd Scott, seorang penyelam asal Inggris. Ia berhasil
menonton Film ”Finding Nemo” di dalam air. Ia membawa TV kedap air ke
akuarium raksasa, di Atlantic Tank London Aquarium, Inggris.
Acara menonton film ini tidak hanya disaksikan oleh banyak orang.
Namun, ikan-ikan pun terheran-heran melihat TV tersebut. Ini terlihat dari
hilir mudiknya ikan di depan TV. Ada juga beberapa ikan hias yang berenang
santai di depan TV. Ikan itu tertarik pada cahaya yang terpancar dari layar
TV.
Rupanya Pak Scott sudah lama bercita-cita menonton film dalam
air. Ia telah mempersiapkan jauh-jauh hari bersama tim teknisi dan
keamanan. Ketika berhasil, Pak Scott sangat puas dan bangga. Demikian
juga dengan tim teknisi dan keamanan yang terus mendampinginya selama
acara ini berlangsung.

Menulis
Kamu diajak untuk menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia
dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
1 Paragraf
Paragraf merupakan bagian dari sebuah karangan. Karangan yang
baik adalah karangan yang paragraf-paragrafnya tersusun secara padu.
Ayo perhatikan contoh paragraf-paragraf dalam karangan berikut ini.
Hari Ulang Tahunku
Suatu hari keluargaku sangat sibuk. Kakak dan aku bersiap-siap
pergi ke sekolah. Ayah bersiap berangkat ke kantor. Ibu sibuk
membuat makanan di dapur. Aku heran biasanya keluargaku tidak
sesibuk hari ini. Biasanya untuk sepagi ini ibu belum memasak.
Aku berpamitan kepada ayah dan ibu sebelum ke sekolah. Biasanya
kakak selalu pulang sekolah denganku. Hari ini ini kakak tidak pulang
denganku. Aku tanya akan ke mana, kakak diam saja. Akhirnya, aku
pulang sekolah sendiri. Aku merasa hari ini benar-benar aneh, tidak seperti
biasanya.
Aku tiba di rumah sekitar pukul setengah satu siang. Alangkah
herannya aku karena ayah, ibu, dan kakak sudah berkumpul di ruang
keluarga. Semua berdiri dan mengucapkan selamat ulang tahun
kepadaku. Ternyata aku lupa kalau hari ini ulang tahunku. Kakak pulang
ke rumah lebih awal untuk memberikan kejutan untukku. Ibu memasak
macam-macam makanan untuk aku. Betapa bahagianya aku hari ini.
Aku pun memeluk seluruh keluargaku. Semua keluargaku sangat
perhatian kepadaku.
2 Menyusun Paragraf
Sekarang kamu akan belajar menyusun paragraf berdasarkan
gambar.  
3 Preposisi Ruang di dan pada
Preposisi ruang di dan pada digunakan untuk menyatakan posisi.
Contoh: Desi berada di taman.
Pada hari Minggu Desi berlibur ke pantai.

Rangkuman
􀂄 Runtut yaitu urut dan bersesuaian.
􀂄 Membaca intensif adalah membaca dengan sungguh-sungguh
hingga mendapatkan hasil yang optimal.
􀂄 Dengan membaca intensif kita akan mendapatkan informasi penting
di dalamnya.
􀂄 Paragraf adalah susunan beberapa kalimat yang mengandung satu
ide pokok dan penulisannya dimulai dengan garis baru.
Paragraf merupakan bagian dari sebuah karangan.
Karangan yang baik adalah karangan yang paragraf-paragrafnya
tersusun secara padu.
􀂄 Preposisi ruang di dan pada digunakan untuk menyatakan posisi.

Dari penjelasan materi yang ingin tersampaikan pada peserta didik, dibawah ini beberapa media yang dapat digunakan guru untuk mengajar siswa sesuai dengan kreatifitas dan inovasi guru dalam penggunaan media pembelajaran, antara lain:

·       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar