Bab 3
Keterampilan
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini kamu diharapkan mampu:
1) membuat origami berdasarkan petunjuk guru;
2) menjelaskan urutan membuat gantungan tas dengan
kalimat yang mudah
dipahami;
3) membaca cerpen dengan intensif;
4) menyusun
paragraf berdasarkan bahan yang tersedia.
Mendengarkan
Kamu diajak untuk melakukan sesuatu
berdasarkan penjelasan yang
disampaikan secara lisan.
Apakah kamu tahu kertas warna? Kertas
jenis ini bisa dibuat mainan
lho! Kamu bisa membuat pesawat,
perahu, burung, bahkan dinosaurus.
Mainan seperti ini dinamakan origami.
Origami berasal dari negara Jepang.
Origami berarti seni melipat kertas.
Berbicara
Kamu diajak untuk menjelaskan urutan
membuat atau melakukan sesuatu
dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
Sekarang, coba kamu tutup bukumu.
Salah seorang temanmu akan
membacakan cara membuat gantungan tas.
Kamu bisa mengingat
bagaimana urutan cara membuatnya.
Gantungan Tas
Bahan-bahan: Alat-alat:
1. kain flanel warna-warni 1. jarum jahit
2. karton 2. gunting
3. benang wol 3. spidol
4. kaitan kunci 4. lem
5. kapas
Cara membuat:
1. Gambarlah huruf-huruf nama kamu di
karton, lalu gunting.
2. Jiplaklah huruf itu di kain flanel,
lalu
digunting. Tiap huruf boleh berbeda
warna dan dibuat dua kali.
3. Tempel huruf-huruf itu sesuai nama
kamu. Kamu akan membuatnya dua kali.
Satu menjadi bagian depan, satu lagi
bagian belakang.
4. Jahit dengan menggunakan tusuk
jelujur.
5. Masukkan kapas untuk mengisi bagian
tengah. Bila huruf nama kita
banyak lekukan, kapas disisipkan
setiap sudah ada lekukan yang
dijahit.
6. Jangan lupa jahit kaitan kunci pada tempat yang kita
inginkan.
Membaca
Kamu diajak untuk menjelaskan isi teks melalui membaca
intensif.
1 Membaca Intensif
Membaca intensif adalah membaca dengan
sungguh-sungguh.
Dengan membaca intensif, kamu bisa
mendapatkan informasi yang
lengkap. Kamu juga akan mengerti apa
sebenarnya hal yang sedang
dibahas. Untuk itu, kamu juga bisa
mencatat hal-hal yang kamu anggap
penting.
2 Membaca Intensif Sebuah Teks
Coba kamu baca teks berikut secara intensif.
Nonton
Film di dalam Air
Pak Loyd Scott, seorang penyelam
asal Inggris. Ia berhasil
menonton Film ”Finding Nemo” di
dalam air. Ia membawa TV kedap air ke
akuarium raksasa, di Atlantic Tank London Aquarium,
Inggris.
Acara menonton film ini tidak hanya
disaksikan oleh banyak orang.
Namun, ikan-ikan pun terheran-heran
melihat TV tersebut. Ini terlihat dari
hilir mudiknya ikan di depan TV. Ada
juga beberapa ikan hias yang berenang
santai di depan TV. Ikan itu tertarik
pada cahaya yang terpancar dari layar
TV.
Rupanya Pak Scott sudah lama
bercita-cita menonton film dalam
air. Ia telah mempersiapkan jauh-jauh
hari bersama tim teknisi dan
keamanan. Ketika berhasil, Pak Scott
sangat puas dan bangga. Demikian
juga dengan tim teknisi dan keamanan
yang terus mendampinginya selama
acara ini berlangsung.
Menulis
Kamu diajak untuk menyusun paragraf
berdasarkan bahan yang tersedia
dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
1 Paragraf
Paragraf merupakan bagian dari sebuah
karangan. Karangan yang
baik adalah karangan yang
paragraf-paragrafnya tersusun secara padu.
Ayo perhatikan contoh paragraf-paragraf dalam karangan
berikut ini.
Hari
Ulang Tahunku
Suatu hari keluargaku sangat sibuk.
Kakak dan aku bersiap-siap
pergi ke sekolah. Ayah bersiap
berangkat ke kantor. Ibu sibuk
membuat makanan di dapur. Aku heran
biasanya keluargaku tidak
sesibuk hari ini. Biasanya untuk
sepagi ini ibu belum memasak.
Aku berpamitan kepada ayah dan ibu
sebelum ke sekolah. Biasanya
kakak selalu pulang sekolah denganku.
Hari ini ini kakak tidak pulang
denganku. Aku tanya akan ke mana,
kakak diam saja. Akhirnya, aku
pulang sekolah sendiri. Aku merasa
hari ini benar-benar aneh, tidak seperti
biasanya.
Aku tiba di rumah sekitar pukul
setengah satu siang. Alangkah
herannya aku karena ayah, ibu, dan
kakak sudah berkumpul di ruang
keluarga. Semua berdiri dan
mengucapkan selamat ulang tahun
kepadaku. Ternyata aku lupa kalau hari
ini ulang tahunku. Kakak pulang
ke rumah lebih awal untuk memberikan
kejutan untukku. Ibu memasak
macam-macam makanan untuk aku. Betapa
bahagianya aku hari ini.
Aku pun memeluk seluruh keluargaku.
Semua keluargaku sangat
perhatian kepadaku.
2 Menyusun Paragraf
Sekarang kamu akan belajar menyusun
paragraf berdasarkan
gambar.
3 Preposisi Ruang di dan pada
Preposisi ruang di dan pada digunakan
untuk menyatakan posisi.
Contoh: Desi berada di taman.
Pada hari Minggu Desi berlibur ke
pantai.
Rangkuman
Runtut yaitu urut dan
bersesuaian.
Membaca intensif adalah membaca
dengan sungguh-sungguh
hingga mendapatkan hasil
yang optimal.
Dengan membaca intensif kita akan
mendapatkan informasi penting
di dalamnya.
Paragraf
adalah susunan beberapa kalimat yang mengandung satu
ide pokok dan penulisannya dimulai
dengan garis baru.
Paragraf merupakan bagian dari sebuah
karangan.
Karangan yang baik adalah karangan
yang paragraf-paragrafnya
tersusun secara padu.
Preposisi
ruang di dan pada digunakan untuk menyatakan posisi.
Dari penjelasan
materi yang ingin tersampaikan pada peserta didik, dibawah ini beberapa media
yang dapat digunakan guru untuk mengajar siswa sesuai dengan kreatifitas dan
inovasi guru dalam penggunaan media pembelajaran, antara lain:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar