Laman

Kamis, 18 Juni 2015

BAB 11 KELUARGA



Bab 11
Keluarga

Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini kamu diharapkan mampu:
1) menirukan dialog drama yang dibacakan guru;
2) menceritakan peristiwa yang pernah dialami;
3) membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat;
4) menulis karangan berdasarkan gambar seri.



Mendengarkan
Kamu diajak untuk menirukan dialog dari pembacaan teks drama anak
yang kamu dengar.
Agar dapat menirukan dialog drama yang dibacakan gurumu, kamu
harus memperhatikan pembacaan dialog drama dengan baik. Saat
mendengarkan, kamu harus memperhatikan pula hal-hal penting dari
pembacaan dialog tersebut, misalnya lafal, intonasi, serta gerak yang
dilakukan oleh gurumu.

Berbicara
Kamu diajak untuk menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat,
atau didengar.
Peristiwa dapat terjadi di mana saja. Peristiwa dapat ditemui di
sekolah, rumah, dan di jalan . Peristiwa yang terjadi di sekolah, seperti
mendapat juara kelas dan upacara bendera. Peristiwa yang terjadi di
rumah, seperti kelahiran bayi, kematian, dan ulang tahun. Peristiwa yang
terjadi di jalan, seperti kecelakaan lalu lintas dan pemeriksaan surat-surat
motor oleh polisi.
Sekarang, kamu akan belajar mengomentari peristiwa yang
diceritakan teman. Komentar sama artinya dengan tanggapan. Karena
pelajaran sebelumnya kamu telah mempelajari tanggapan, tentu kamu
sudah mengerti, bukan?

Coba kamu perhatikan peristiwa berikut ini.
Kelahiran Adik
Kemarin tanggal 2 Desember
2007, ibuku melahirkan seorang bayi.
Bayi yang dilahirkan ibuku berjenis
kelamin laki-laki. Aku sangat senang
karena aku mempunyai adik baru. Kata
ayahku, adikku diberi nama Doni
Saputra. Sekarang, keluargaku
berjumlah 5 orang. Ada ayah, ibu, kak
Novi, aku (Desi), dan adikku Doni.
Hari ini, Ibu dan adik baruku
masih di rumah sakit. Rencananya nanti
sore mereka akan pulang ke rumah. Aku
tidak sabar menunggunya. Aku ingin
segera menimangnya.

Membaca
Kamu diajak untuk membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan penghayatan
yang tepat.
Sebelumnya kamu telah belajar membaca puisi. Sekarang kamu
akan menilai pembacaan puisi. Adapun yang perlu dinilai dalam
pembacaan puisi adalah:
a. Lafal
b. Intonasi
c. Penghayatan
Coba kamu perhatikan puisi berikut ini.
Adikku yang Bandel
Karya Refaya Sembiring
Aku memiliki seorang adik laki-laki
Namanya Riko
Wajahnya lucu
Dia juga pintar
Tapi sayang, dia bandel sekali
Sering tidak mau mandi atau makan
Bahkan kalau marah
Barang-barang dilempar hingga pecah
Walaupun ia bandel
Aku tetap menyayanginya

Menulis
Kamu diajak untuk menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri.
Pilihan kata dalam mengarang itu sangat penting, Pilihan kata yang
baik membuat karangan menjadi bagus. Karangan menjadi enak dibaca.
Coba kamu perhatikan pilihan kata untuk gambar seri berikut ini.

Rio senang sekali
Kini waktunya pulang sekolah
Rio ingin cepat sampai di rumah

Permainan baru sudah menunggu
Playstation yang baru dibelikan ayah
Kado ulang tahun untuk Rio

Suatu hari ibu guru Dina ke rumah Rio
Kata ibu guru Dina nilai Rio menurun
Ibu Rio jadi malu

Rio berjanji untuk tidak banyak bermain
Tetapi banyak belajar
Agar menjadi anak yang pintar

Rangkuman
􀂄 Identifikasi adalah mengetahui identitas seseorang.
􀂄 Peristiwa dapat terjadi di mana saja, di sekolah, di rumah,
jalan dan sebagainya.
􀂄 Yang dinilai dalam pembacaan puisi adalah:
a. Lafal
b. Intonasi
c. Penghayatan
􀂄 Pilihan kata yang baik membuat karangan menjadi bagus.



Dari penjelasan materi yang ingin tersampaikan pada peserta didik, dibawah ini beberapa media yang dapat digunakan guru untuk mengajar siswa sesuai dengan kreatifitas dan inovasi guru dalam penggunaan media pembelajaran, antara lain:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar