Bab 11
Keluarga
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini kamu diharapkan mampu:
1) menirukan dialog drama yang dibacakan guru;
2) menceritakan peristiwa yang pernah dialami;
3) membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat;
4) menulis
karangan berdasarkan gambar seri.
Mendengarkan
Kamu diajak untuk menirukan dialog
dari pembacaan teks drama anak
yang kamu dengar.
Agar dapat menirukan dialog drama yang
dibacakan gurumu, kamu
harus memperhatikan pembacaan dialog
drama dengan baik. Saat
mendengarkan, kamu harus memperhatikan
pula hal-hal penting dari
pembacaan dialog tersebut, misalnya
lafal, intonasi, serta gerak yang
dilakukan oleh gurumu.
Berbicara
Kamu diajak untuk menceritakan
peristiwa yang pernah dialami, dilihat,
atau didengar.
Peristiwa dapat terjadi di mana saja.
Peristiwa dapat ditemui di
sekolah, rumah, dan di jalan .
Peristiwa yang terjadi di sekolah, seperti
mendapat juara kelas dan upacara
bendera. Peristiwa yang terjadi di
rumah, seperti kelahiran bayi,
kematian, dan ulang tahun. Peristiwa yang
terjadi di jalan, seperti kecelakaan
lalu lintas dan pemeriksaan surat-surat
motor oleh polisi.
Sekarang, kamu akan belajar
mengomentari peristiwa yang
diceritakan teman. Komentar sama
artinya dengan tanggapan. Karena
pelajaran sebelumnya kamu telah
mempelajari tanggapan, tentu kamu
sudah mengerti, bukan?
Coba kamu perhatikan peristiwa berikut ini.
Kelahiran
Adik
Kemarin tanggal 2 Desember
2007, ibuku
melahirkan seorang bayi.
Bayi yang dilahirkan ibuku berjenis
kelamin laki-laki. Aku sangat senang
karena aku mempunyai adik baru. Kata
ayahku, adikku diberi nama Doni
Saputra. Sekarang, keluargaku
berjumlah 5 orang. Ada ayah, ibu, kak
Novi, aku (Desi), dan adikku Doni.
Hari ini, Ibu dan adik baruku
masih di rumah sakit. Rencananya nanti
sore mereka akan pulang ke rumah. Aku
tidak sabar menunggunya. Aku ingin
segera menimangnya.
Membaca
Kamu diajak untuk membaca puisi dengan
lafal, intonasi, dan penghayatan
yang tepat.
Sebelumnya kamu telah belajar membaca
puisi. Sekarang kamu
akan menilai pembacaan puisi. Adapun
yang perlu dinilai dalam
pembacaan puisi adalah:
a. Lafal
b. Intonasi
c. Penghayatan
Coba kamu perhatikan puisi berikut ini.
Adikku yang Bandel
Karya Refaya Sembiring
Aku memiliki seorang adik laki-laki
Namanya Riko
Wajahnya lucu
Dia juga pintar
Tapi sayang, dia bandel sekali
Sering tidak mau mandi atau makan
Bahkan kalau marah
Barang-barang dilempar hingga pecah
Walaupun ia bandel
Aku tetap menyayanginya
Menulis
Kamu diajak untuk menulis karangan sederhana berdasarkan
gambar seri.
Pilihan kata dalam mengarang itu
sangat penting, Pilihan kata yang
baik membuat karangan menjadi bagus.
Karangan menjadi enak dibaca.
Coba kamu perhatikan pilihan kata untuk gambar seri
berikut ini.
Rio senang sekali
Kini waktunya pulang
sekolah
Rio ingin cepat sampai di rumah
Permainan baru sudah
menunggu
Playstation yang baru
dibelikan ayah
Kado ulang tahun untuk Rio
Suatu hari ibu guru
Dina ke rumah Rio
Kata ibu guru Dina
nilai Rio menurun
Ibu Rio jadi malu
Rio berjanji untuk
tidak banyak bermain
Tetapi banyak belajar
Agar menjadi anak yang pintar
Rangkuman
Identifikasi adalah mengetahui
identitas seseorang.
Peristiwa dapat terjadi di mana
saja, di sekolah, di rumah,
jalan dan sebagainya.
Yang dinilai dalam pembacaan
puisi adalah:
a. Lafal
b. Intonasi
c. Penghayatan
Pilihan kata yang baik membuat karangan
menjadi bagus.
Dari penjelasan
materi yang ingin tersampaikan pada peserta didik, dibawah ini beberapa media
yang dapat digunakan guru untuk mengajar siswa sesuai dengan kreatifitas dan
inovasi guru dalam penggunaan media pembelajaran, antara lain:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar