Laman

Kamis, 18 Juni 2015

BAB 4 KESEHATAN



Bab 4
Kesehatan
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini kamu diharapkan mampu:
1) mengomentari tokoh-tokoh cerita anak;
2) memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah
pada teks bacaan;
3) membaca pengumuman dengan nyaring;
4) membuat puisi sederhana.

Mendengarkan
Kamu diajak untuk mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang
disampaikan secara lisan.
1 Bercerita
Cerita adalah karangan yang menuturkan perbuatan, pengalaman,
kejadian atau penderitaan orang. Kamu tentu pernah bercerita atau
mendengarkan cerita, bukan? Jika kamu menonton film di TV, film yang
kamu tonton tersebut pasti menceritakan sesuatu.
2 Unsur-unsur Cerita Anak
Sebuah cerita pasti memiliki unsur-unsur di dalamnya. Unsur-unsur
cerita anak diantaranya:
a. Tema : pokok permasalahan yang mendominasi suatu cerita
b. Alur : jalan cerita
c. Penokohan : cara pengarang menampilkan tokoh atau pelaku
d. Latar : tempat terjadinya peristiwa dalam suatu cerita

Berbicara
Kamu diajak untuk memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap
suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata
yang tepat.
1 Permasalahan
Setiap orang pasti mempunyai masalah, baik masalah di rumah
ataupun di luar rumah. Masalah dapat terjadi kapan saja dan di mana
saja. Kamu tidak bisa mengerjakan PR-pun dapat disebut masalah.
Orang sakit, kecelakaan, terlambat ke sekolah itu juga disebut masalah.
Jadi, masalah adalah sesuatu yang harus diselesaikan.
Masalah tidak akan selesai bila kamu tidak berusaha
menyelesaikannya. Jika masalah tidak dapat diselesaikan sendiri, kamu
bisa minta tolong teman atau orang tua untuk menyelesaikannya. Kamu
bisa minta tanggapan dan saran dari orang yang kamu ajak untuk
menyelesaikan masalah.
2 Memberi Tanggapan pada Sebuah Bacaan


Membaca
Kamu diajak untuk membaca nyaring teks dengan lafal dan intonasi yang
tepat.
Kamu pasti pernah membaca pengumuman, bukan? Baik
pengumuman di papan pengumuman sekolah, di majalah, maupun di
koran. Membaca teks pengumuman itu harus sungguh-sungguh agar kamu
tahu maksud dan informasi dari pengumuman tersebut.

Coba kamu baca contoh pengumuman berikut ini.
Lomba Menulis
Dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional, besok tanggal 9
September 2008, majalah CERIA mengadakan lomba menulis.
Persyaratan lomba:
􀁺 Tulisan harus sesuai tema "Olahraga Sangat Penting Bagi Kesehatan".
􀁺 Karangan tulisan dalam bentuk tulisan tangan atau diketik di 2 (dua) lembar
kertas A4.
􀁺 Tulisan dikirimkan ke redaksi majalah CERIA:
PT Ceria Sentosa
Jl. Budi Utomo No. 21 Jakarta Selatan
Selambat-lambatnya tanggal 28 September 2008 (cap pos)
􀁺 Jangan lupa menuliskan nama, kelas, asal sekolah, tanggal lahir, alamat
rumah, dan nomor telepon.
􀁺 Seluruh pendaftaran dan penjurian dilakukan oleh pihak majalah Ceria.
􀁺 Pemenang lomba akan diumumkan di edisi majalah Ceria bulan
November.
􀁺 Juara I : 1 set komputer
Juara II : 1 buah kamera digital
Juara III : 1 buah sepeda
Hadiah hiburan : 100 buah tas sekolah

Menulis
Kamu diajak untuk melengkapi puisi berdasarkan gambar.
Kamu tentu sudah bisa membuat puisi sendiri, bukan? Kali ini kamu
akan belajar melengkapi puisi berdasarkan gambar. Agar dapat melengkapi
puisi, kamu harus memperhatikan gambar dengan cermat. Selain itu,
kamu juga harus bisa memilih kata yang sesuai untuk melengkapi puisi
tersebut. Kata-kata yang kamu pilih tersebut akan memengaruhi makna
dari puisi yang kamu lengkapi.
Ayo sekarang perhatikan puisi berikut.

Sakit Gigi
Aduh
Sakit gigiku sakit sekali
Kepalaku pusing
Telingaku berdenging
Aduh
Sakit gigiku sakit sekali
Lekaslah sembuh
Jangan lagi kambuh

Rangkuman
􀂄 Cerita adalah karangan yang menuturkan perbuatan,
pengalaman, kejadian atau penderitaan orang.
􀂄 Unsur-unsur cerita anak:
a. Tema c. Penokohan
b. Alur d. Latar
􀂄 Langkah-langkah menulis puisi antara lain:
a. Menentukan tema.
b. Menentukan judul.
c. Menggunakan pilihan kata yang tepat.

Dari penjelasan materi yang ingin tersampaikan pada peserta didik, dibawah ini beberapa media yang dapat digunakan guru untuk mengajar siswa sesuai dengan kreatifitas dan inovasi guru dalam penggunaan media pembelajaran, antara lain:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar